07 November 2023

Gua Pindul, nikmati serunya cave tubing di Gunung Kidul Jogja








harga tiket: Rp10.000; map: Periksa lokasi
Alamat: Acara 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Industri pariwisata di berbagai daerah di Indonesia merupakan sesuatu yang perlu dijajaki dan dikembangkan lebih lanjut. Berbagai jenis tempat wisata telah berkembang di Indonesia, mulai dari gunung, bukit, pantai, wisata budaya, wisata sejarah dan juga tempat wisata lainnya. Salah satu daerah yang memiliki beberapa tempat wisata adalah Kabupaten Gunung Kidul, salah satu dari lima kawasan perkotaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu wilayah administratif Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Sleman di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, pesisir Laut Selatan Samudera Hindia di selatan, dan pesisir Laut Selatan Samudera Hindia di selatan. Samudera Hindia di sebelah barat sampai dengan Kabupaten Bantul. . Kabupaten ini juga menjadi penyumbang utama pariwisata di Jogja, dan salah satu destinasi alam yang menarik untuk dijelajahi adalah Gua Pindul.


Harga tiket dan jam buka Gua Pindul


Tiket Gua Gunung Kidul
Foto oleh Google Maps Bukan Playboy

Untuk memasuki gua unik ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, namun biaya tersebut belum termasuk sewa tabung gua. Jika anda ingin melakukan aktivitas cave tubing anda perlu membeli paket tour dengan harga Rp 70.000 untuk paket A, Rp 100.000 untuk paket B dan Rp 130.000 untuk paket C. Jika menggunakan kendaraan pribadi juga perlu membayar. biaya parkir sebesar 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda empat.


Gua Pindul buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan, sebaiknya Anda mengunjungi WIB antara pukul 10.00 hingga 13.00 karena pada saat tersebut matahari masih bersinar terik dan beberapa spot akan lebih terang. Perlu ditekankan bahwa jumlah hadiah yang akan diberikan dan jam buka dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga Anda dapat mengetahui berita terkini tentang tempat ini melalui website yang khusus disediakan oleh pihak pengelola.


Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi wisata


Alamat Gua Pindul Gunung Kidul
Foto oleh Google Maps Walker Cycle

Untuk mencapai lokasi wisata Gua Pindul, Anda perlu berkendara ke arah timur menuju kota Yogyakarta, tepatnya menuju Dusun Judul II, RT 03 RW 16 Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta Anda menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 43 kilometer. Lebih tepatnya, Anda bisa menggunakan fitur Google Maps yang umum digunakan masyarakat atau bertanya kepada penduduk setempat yang jelas lebih mengenal daerah tersebut.


Dari pusat kota Yogyakarta anda bisa mengambil jalur Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Wonosari – Grogol – Karangmojo – Gua Pindul. Namun jika ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan Trans Jogja yang mengarah ke Terminal Giwangan. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Yogya-Wonosari dan turun di pertigaan Grogol. Dari posisi tersebut Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju gua dengan ojek konvensional yang mengelilingi Anda.


Tempat wisata di Gua Pindul


Tempat wisata di Gua Pindul Gunung Kidul
Foto oleh Google Maps Monica

Gua Pindul diresmikan sebagai objek wisata pada tanggal 10 Oktober 2010. Gua ini dialiri oleh sungai yang membentang dari mulut gua hingga ke ujung, memungkinkan pengunjung menjelajahi gua dengan cara yang tidak biasa. Gua ini terbentuk di masa lalu melalui proses pelapukan kimia dan memiliki beberapa pemandangan yang sangat menarik. Yuk simak ulasannya di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai objek wisata unik yang satu ini.


Destinasi alam yang masih terjaga keindahannya ini mengharuskan Anda menjelajahi isinya dengan berjalan menyusuri permukaan air menggunakan ban kecil yang tersedia. Penggunaan pita kecil ini dipilih karena pengunjung diajak memasuki suatu kawasan yang luas permukaannya tidak cukup jika menggunakan sekoci atau sampan.


Gua Pindul yang menawarkan keunikan ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter dan lebar 5 meter. Jarak permukaan air hingga atap gua sekitar 4 meter, dan kedalaman air mencapai 12 meter. Aliran sungai di gua eksotik ini berasal dari mata air Gedong Tujuh. Untuk menjelajahinya, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung mood perjalanan yang Anda inginkan.


Di dalam goa anda bisa melihat beberapa stalaktit dengan ukuran berbeda-beda, salah satu stalaktit yang paling terkenal adalah stalaktit Soko Guru. Stalaktit ini, yang diharapkan menjadi stalaktit terbesar keempat di dunia, memiliki lebar hingga lima lengan dewasa dan panjang hingga tujuh meter.


Nama tersebut berasal dari bahasa Jawa Kuno yang setiap katanya mempunyai arti tersendiri yaitu ‘Soko’ yang berarti tiang dan ‘guru’ yang berarti bukit atau gunung. Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat, stalaktit tersebut menjadi fondasi yang menopang bukit di atas Gua Pindul.


Selain stalaktit, tentunya Anda juga akan menemukan stalagmit yang bentuknya pun tak kalah indahnya. Stalagmit Perkasa dan Stalagmit Mutiara menjadi primadona dari koleksi stalagmit yang ada. Ada beberapa mitos yang menyebabkan banyak pengunjung berebut stalagmit ini, diantaranya adalah mitos bahwa laki-laki yang menyentuh batu tersebut akan mempunyai kekuatan baru yang menggoda.


Saat bepergian Anda juga akan melihat batu-batu yang bentuknya seperti tirai. Sering disebut dengan batu tirai, batu ini akan memantulkan kilauan cahaya yang dihasilkan oleh kristal batu di dalam batu baru tersebut. Tak jauh dari sana Anda juga bisa melihat kelelawar yang ukurannya cukup kecil. Namun jangan khawatir karena kelompok kelelawar ini cukup jinak dan tidak berbahaya.


Di akhir penjelajahan Anda akan menemukan gua vertikal yang jika datang pada waktu yang tepat akan menawarkan pemandangan yang indah. Tempat ini sering disebut sebagai surga tersembunyi Jogja. Di sini Anda bisa melihat sinar matahari bersinar dari mulut gua vertikal. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas air di sini.


Kegiatan yang menarik untuk dilakukan


Aktivitas di Gua Gunung Kidul
Foto oleh Google Maps sendiri 123-Unc setyo

1. Gua Tabung


Untuk menikmati keindahan Gua Pindul harus menggunakan satu buah ban atau tabung per orang. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok dan tidak ada batasan umur karena keamanannya terjamin. Zona eksplorasi ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu zona terang, zona redup, dan zona gelap.


Zona bening merupakan bagian pintu masuk atau mulut gua yang masih terkena sinar matahari. Di zona ini pengunjung bisa melihat keindahan gua tanpa harus menggunakan penerangan.


Zona redup dimana sinar matahari mulai memudar. Hal ini menyebabkan pengunjung harus menggunakan lampu untuk melihat keseluruhan gua. Di zona ini Anda akan melihat stalaktit dan stalagmit yang menempel di tubuh gua.


Area gelap di Gua Pindul tempat Anda dibawa ke lorong yang gelap dan tidak terang. Di zona ini Anda bisa melihat stalaktit Soko Guru yang telah dibahas sebelumnya.


2. Berenang


Di spot yang sering disebut spot Cahaya Surga ini, Anda bisa berenang atau melompat dari dinding gua. Luas permukaan yang luas membuat kegiatan ini semakin menyenangkan. Namun, Anda harus selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas ini


3. Berburu foto unik


Keindahan Gua Pindul yang langka membuat objek ini cocok dijadikan tempat berburu foto anti-mainstream. Selain memotret keindahan goa itu sendiri, ambillah foto diri Anda dengan latar belakang goa di tempat-tempat yang diperbolehkan oleh pemandu.


4. Rilekskan diri Anda


Kondisi lingkungan sekitar goa yang masih asri membuat suasananya sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Udara yang sejuk, air yang segar dan lingkungan yang tenteram membuat Anda bisa melepaskan segala kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.


5. Pelajari ilmu baru


Sepanjang perjalanan Anda akan mendapat penjelasan dari pemandu, mulai dari sejarah penamaan, pembentukan, dan kehidupan biotik di lingkungan gua. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman dan pemahaman baru bagi pengunjung dengan cara yang tidak membosankan.


Fasilitas di Gua Pindul


Fasilitas Gua Pindul Gunung Kidul
Foto oleh Google Maps Dandi Arnada

Jika membeli tiket wisata, Anda akan mendapatkan fasilitas pendukung cave tube yang lengkap. Fasilitas tersebut antara lain ban atau selang, jaket pelampung, kabel penghubung dan pemandu yang akan memandu penjelajahan Anda. Anda juga dilindungi oleh asuransi yang disertakan dengan tiket. Di area base camp anda akan menemukan tempat yang luas dan nyaman dengan fasilitas lain seperti WiFi dan minuman gratis.


Gua Pindul juga memiliki fasilitas umum yang berkualitas. Tempat parkir yang sangat luas, musala dan juga tempat bilas menjadi fasilitas yang bisa Anda gunakan dengan nyaman. Anda juga akan menemukan penjual makanan yang menyajikan menu berbeda untuk Anda cicipi.


Jika Anda berencana untuk bermalam di sekitar objek wisata ikonik ini, Anda bisa menyewa akomodasi dan hotel yang ada. Harga dan kualitas yang ditawarkan cukup beragam. Jika ingin penginapan dengan harga terjangkau, Anda bisa menyewa penginapan mulai dari harga 50.000 Rupiah per malam.


Demikian ulasan salah satu tempat wisata indah dan indah di Kabupaten Gunung Kidul yaitu Gua Pindul. Untuk mengunjungi tempat populer dan unik ini, pastikan kondisi tubuh Anda dalam kondisi prima agar aktivitas wisata Anda bisa lancar dan menyenangkan. Ingatlah untuk berperilaku dan berbicara yang baik serta menjaga kebersihan dan ketertiban untuk menjaga kenyamanan pengunjung.


DifaWisata.com – Paket wisata murah tahun 2023 dengan harga terjangkau. Temukan liburan dan pengalaman baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia Anda tidak akan digabungkan dengan peserta lain sehingga menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menawarkan berbagai pilihan paket liburan murah dan program tur tergantung pada anggaran Anda. Itinerary kami sesuaikan dengan jadwal sholat dan makanan yang kami tawarkan di restoran bersertifikat halal, menjadikan kami sebagai agen perjalanan wisata halal Indonesia.



Paket Wisata Murah



DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.



Sumber Link: Kunjungi website



.
Kunjungi: Gua Pindul, nikmati serunya cave tubing di Gunung Kidul Jogja
.
🏢 Toko Belanja Online
.
#belanjaonline #dirumahaja #belanjadarirumah #onlineshop #belanjamurah #belanja #olshop #belanjaonlinemurah #bajumurah #olshopmurah #belanjahemat #tokoonlinemurah #bajumurah #perlengkapanbayi #jualanku
.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Facebook Page

TRANSLATE

Translate This Page
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Entri yang Diunggulkan

Keunikan Pulau Kumala, Destinasi Wisata Dekat Ibu Kota Baru

SuaraKaltim.id – Pulau Kumala merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang dekat dengan ibu kota baru Nusantara. Pulau Kumala terletak...

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog